Kunjungan Buya Syafii Maarif ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jumat 02 Maret 2018 02:10:00
Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, M.A diapit oleh Ketua BPH UMSB Drs. RB Khatib Pahlawan Kayo (kanan) dan Ketua PWM Sumatera Barat Dr. H. Shofwan Karim Elhusen, M.A (kiri), Rektor UMSB Dra. Novelti, M.Hum dan seluruh staff tenaga pendidik dan kependidikan saat foto bersama di Ruang Seminar UMSB. (Kamis, 01 Maret 2018)

Padang. Sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas tenaga pendidik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menggelar pertemuan, silaturahim dan ramah tamah dengan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2000-2005 Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, M.A. Hadir juga pada acara tersebut Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat Dr. H. Shofwan Kharim Elhusen, M.A, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMSB Drs. RB Khatib Pahlawan Kayo dan jajarannya, Rektor UMSB Dra. Novelti, M.Hum dan jajarannya, Dekan-dekan, para kepala prodi, dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Rektor UMSB Dra. Novelti, M.Hum mengatakan bahwa menjadi keistimewaan tersendiri bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumatera Barat karena acara silaturahim dihadiri oleh Ulama Nasional yang biasa dipanggil “Buya Syafii” itu. Acara yang digelar pada Kamis 01 Maret 2018 di ruang seminar Pascasarjana UMSB itu memiliki harapan besar semoga ada perubahan secara intensif bagi perkembangan Perguruan Muhammadiyah Sumatera Barat. Menurutnya, Hadirnya Ulama sekaligus Penulis Buku Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah ini mampu memberikan inovasi baru dalam melakukan pengembangan perguruan tinggi baik dari segi akademik maupun segi fisik.

Hal tersebut dipertegas oleh Dr. H. Shofwan Kharim Elhusen, M.A. Dalam sambutannya mengatakan bahwa keadaan UMSB saat ini sangat memperihatinkan. Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumatera Barat masih minim dari segi fasilitas. Selain itu, mantan rektor UMSB ini juga menyampaikan bentuk dukungan penuh warga Muhammadiyah Sumatera Barat kepada Buya kelahiran Sumpur Kudus 31 Mei 1935 tersebut. “karena banyaknya penilaian personal yang kontroversi terhadap Buya Syafii di berbagai media sosial, maka kita warga Muhammadiyah Sumatera Barat tetap mendukung. Jika perlu, hal yang menjadi kontroversi di dunia maya tersebut, semoga bisa diklarifikasi pada pertemuan ini.” Ujarnya.

Pada kesempatan ini, melalui sambutannya Buya Syafii menjelaskan tentang partisipasi warga Minang dalam bingkai perkembangan Indonesia. Menurutnya, orang minang telah banyak memberikan sumbangsih terhadap perkembangan Muhammadiyah dan Indonesia. Orang minang adalah otak dasar perkembangan Indonesia dari zaman ke zaman. Tidak hanya itu, suami dari Hj. Nurchalifah ini juga menegaskan bahwa orang minang sudah mendunia (Minang Mendunia). Artinya, kiprah orang minang tidak hanya di tingkat nasional tapi sudah menelusuri ke dunia internasional. Hal tersebut di buktikan dengan berdirinya PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) di luar negeri.

Kaitannya dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumatera Barat, Buya yang pernah menempuh pendidikan di Ohio University ini memberikan motivasi bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumatera Barat yang berada di Minangkabau seharusnya lebih maju dari perguruan tinggi lainnya. Asasnya adalah orang minang telah mendunia dan mampu menjadi penggagas kemajuan zaman. Demi hal tersebut, maka PT UMSB perlu melakukan pembenahan secara intensif. “yang di luar sana itu maju dan berkembang karena orang minang, kenapa tidak dengan PT UMSB yang memang berada dalam negeri minang dan digarap langsung oleh orang minang?” imbuhnya.

Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Buya Syafii menjadi semangat baru bagi Sumber Daya Manusia Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Terucap janji dan tekad di UMSB akan selalu melakukan pembenahan dan perbaikan menuju periode berkemajuan llintas zaman. Selain itu, selalu berusaha merealisasikan visi UMSB yaitu menjadi Perguruan Tinggi yang terkemuka dan Islami. (Humas UMSB)

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 4851002, 085264280003
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909