Praktek Umum di BP2LHK Aek Nauli "Mahasiswa Kehutanan"

Jumat 23 Februari 2018 11:23:00
Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat angkatan 15 melaksanakan Praktek Umum (PU) di BP2LHK Aek Nauli, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara

PADANG. BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, 02/2018) ralam rangka menggali ilmu dan keterampilan disektor kehutanan, 5 orang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) melakukan Praktek Umum (PU) di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli (BP2LHK Aek Nauli) merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis di bidang penelitian dan pengembangan hutan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi dipimpin oleh seorang Kepala Balai.

BP2LHK Aek Nauli mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang hutan, hasil hutan, peningkatan kualitas, dan laboratorium lingkungan, sosial, ekonomi, penyiapan bahan saran kebijakan dan perubahan iklim serta melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan  yang menjadi kebutuhan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam praktek umum ini, para mahasiswa UMSB tersebut melakukan berbagai kegiatan bersama dengan Kelompok Peneliti (Kelti) Perhutanan Sosial, Kelti Pelestarian Sumber Daya Alam (PSDA), dan Kelti Silvikultur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 27 Januari s/d 11 Februari 2018 yang didampingi oleh beberapa peneliti diantaranya Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc,   Dr. Aswandi, Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si, dan Dr. Ahmad Dany Sunandar. Teknisi yang juga turut mendampingi kegiatan ini, diantaranya adalah Aam Hasanudin, S.Hut dan Selamat L.Tobing.

Di Kelti Perhutanan Sosial, para mahasiswa diberikan materi mengenai lebah madu (Avis cerana) dan lebah kelulut (Trigona, sp.), pengenalan gelodokan dan kotak lebah, praktek cara memanen madu lebah kelulut, dan pengenalan produk-produk yang dihasilkan.

Di Kelti PSDA, mahasiswa tersebut diberikan materi tentang konservasi dan wisata ilmiah Gajah (Elephas maximus), melakukan pengamatan mengenai tingkah laku gajah, dan observasi mengenai kesan dan pesan pengunjung ANECC (Aek Nauli Elephant Conservation Camp).

Sedangkan di Kelti Silvikultur diberikan materi mengenai pengenalan tanaman, teknik perbanyakan, serta pemanenan Macadamia (Macadamia integrifolia), berbagai jenis Kemenyan (Styrax sp.) dan Taxus (Taxus sumatrana).

Setelah selesai melaksanakan kegiatan praktek umum selama kurang lebih dua minggu, mahasiswa UMSB berpamitan kepada Kepala Balai, Pratiara, S.Hut, M.Si, Jumat (9/2/2018). Pratiara berharap semoga ilmu yang didapat selama melaksanakan praktek umum di BP2LHK Aek Nauli dapat menambah pengalaman dan juga menambah wawasan.

”Semoga pelajaran yang didapat  bisa bermanfaat dan mungkin nantinya bisa juga dijadikan sebagai bahan penelitian untuk penyelesaian studinya,” kata Pratiara.

"Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama PU di sini. Selain itu Peneliti dan Teknisinya juga sangat ramah dan sabar dalam menjawab semua pertanyaan kami," kata Rina, salah seorang mahasiswa UMSB.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama melaksanakan kegiatan PU di BP2LHK Aek Nauli ini,” kata Gilang, yang juga mahasiswa UMSB. Mengakhiri pertemuan, kelima mahasiswa tersebut berjabat tangan dan berfoto bersama dengan kepala balai. [Humas UMSB].

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 4851002, 085264280003
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909