Senin, 29 Mei 2017

Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                    Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                  

Laboratorium dan Praktek di Fakultas Kesehatan dan MIPA

1. Prodi Kebidanan
Sesuai dengan kurikulum D-III Kebidanan dan Proses Pencapaian Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa, maka Program Studi D-III Kebidanan Fakultas Kesehatan dan MIPA Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat memberikan kesempatan pada mahasiswa pengalaman belajar Praktek Klinik pada Putra Hospital Malaka. Praktek Klinik ini merupakan aplikasi dari matakuliah Keterampilan Dasar Praktek Klinik (KDPK), Antenatal Care (ANC), Intranatal Care (INC), Postnatal Care (PNC), Neonatus yang dilakukan mahasiswa dalam bentuk belajar aktif sehingga memungkinkan mahasiswa memperoleh pegalaman belajar dalam bentuk belajar aktif sehingga memungkinkan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dalam keadaan tatanan nyata. Mahasiswa mengaplikasikan semua kemampuan Kognitif, Komunikatif, dan Keterampilan Motorik yang diperoleh melalui Ceramah, Diskusi, dan Pratikum Laboratorium. Pengalaman belajar pratikum / klinik tersebut terdiri atas praktik dengan bimbingan penuh /intensif, bimbingan paruh waktu dan sebagai kandidat bidan yang dilaksanakan melalui praktek kerja lapangan dengan system motorship.

2. Prodi Keperawatan
1) Praktik Klinik
Praktik klinik merupakan kegiatan pembelajaran yang didapatkan mahasiswa di tatanan klinik dan komunitas dalam rangka mengaplikasikan teori dan skill (hard skill dan soft skill) guna mencapai pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan :
(a) Mengaplikasikan teori
(b) Mengembangkan kemampuan skill
(c) Menjadi media pembelajaran
(d) Menjadi media diskusi, pengkajian masalah dan topik keperawatan guna mengembangkan model keperawatan professional
(e) Meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam memecahkan masalah keperawatan.

Fungsi :
(a) Upaya mencapai learning objectives setiap mata ajar blok
(b) Membantu mahasiswa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
(c) Memberikan mahasiswa kesempatan menjadi calon perawat professional
(d) Memberikan gambaran pada mahasiswa mengenai iklim kerja (kegiatan, suasana, dan rutinitas)

Matakuliah Praktik Klinik meliputi :

(a) PK I, yang disebut sebagai Praktik Klinik I merupakan praktik klinik yang berhubungan dengan ilmu keperawatan dasar yaitu mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemenuhan dasar manusia.
(b) PK II yang disebut sebagai Praktik Klinik II merupakan praktik klinik yang berhubungan dengan keperawatan gerontik dan keperawatan jiwa yaitu mahasiswa akan melakukan intervensi dengan klien lansia dan klien gangguan kejiwaan. (
c) PK III yang disebut sebagai Praktik Klinik III merupakan praktik klinik yang berhubungan dengan keperawatan maternitas dan anak yaitu mahasiswa akan melakukan intervensi pada klien ibu hamil dan menyusui serta bayi dan anak.
(d) PK IV yang disebut sebagai Praktik Klinik IV merupakan praktik klinik yang berhubungan dengan keperawatan medical bedah dan gawat darurat yaitu mahasiswa melakukan intervensi terhadap klien dewasa dengan masalah medical – bedah dan kegawatdaruratan. Lahan praktik :
(a) RS/ Puskesmas
(b) Panti Tresna Werdha
(c) RS Jiwa

3. Prodi Administrasi Rumah Sakit
Bagi mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan dan MIPA Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) kegiatan praktek magangnya bertempat di Rumah Sakit, baik Rumah Sakit Umum maupun khusus, Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit Pemerintah ataupun Rumah Sakit BUMN di dalam negeri maupun di luar negeri.




Copyright © 2016 UMSB.